Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey

Tempat wisata alam di Bandung yang akan diulas kali ini adalah Situ Patenggang yang letaknya berada di bawah Kaki Gunung Patuha. Jika sebelumnya saya sudah megulas Glamping Lake Side yang sebenarnya letaknya sangat berdekatan bahkan Anda bisa ke Situ Patenggang dengan menyewa perahu untuk menyebrang danau.

Mencoba Wisata Legenda Cinta Abadi di Situ Patenggang

Terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, dengan luas sekitar 45.000 hektar dan total luas cagar alamnya mencapai 123.078 hektar. Objek wisata di Bandung ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari pusat kota.

Berbeda jika berkunjung ke tempat wisata sekitar Maribaya yang pemandangannya hutan pinus, di kawasan wisata sekitar Ciwidey umumnya Anda akan menikmati hamparan kebun teh. Harga tiket masuk Situ Patenggang yang terbilang sangat terjangkau menjadikannya salah satu tempat favorit penulis semasa sekolah dulu.

Mitos Situ Patenggang yang terkenal

Selain menawarkan keindahan alamnya dan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, ternyata danau ini juga menyimpan cerita yang terkenal. Jika kata “Situ” yang berarti danau, konon nama Patenggang yang diambil dari suku kata “Patengan” artinya saling mencari – cari.

Mencoba Wisata Legenda Cinta Abadi di Situ Patenggang

Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang dibesarkan berdampingan dengan alam yaitu Ki Santang dan Dewi Rangganis. Pada suatu waktu mereka terpisah sangatlah lama, namun cinta mereka tidak pernah pudar.
Sampai pada akhirnya mereka bertemu di sebuah bukit yang sekarang dinamakan batu cinta.

Uniknya bukit yang terletak di tengah – tengah danau ini juga berbentuk hati jika dilihat dari atas. Tidak percaya? Coba saja membawa drone untuk melihatnya dari atas.

Sang Dewi pun minta di buatkan danau dan perahu sebagai tanda cinta. Usut punya usut ternyata menurut cerita masyarakat sekitar, pulau yang berbentuk hati inilah yang dulunya adalah perahu yang dibuatkan Ki Santang untuk pujaan hatinya.

Situ Patenggang

Mitos inilah yang membuat banyak orang penasaran, beredar kabar jika Anda kesini bersama pasangan dan mengelilingi pulau ini. Maka kisah cinta kalian akan abadi seperti sang dewi dan sang prabu.  Untuk kebenarannya saya kembalikan lagi kepada kepercayaan Anda masing – masing, karena memang Indonesia terkenal dengan berbagai cerita yang berbau mistis.

Apa saja yang bisa Anda lakukan jika berkunjung? Selain tentunya sudah pasti berfoto – foto dengan hamparan kebun teh hijau dan danau. Anda juga bisa memancing di tengah – tengah danau dengan menyewa perahu tentunya.
Mencoba Wisata Legenda Cinta Abadi di Situ Patenggang

Lokasi dan Jam Buka Situ Patenggang

Lokasinya terletak di Jalan Raya Ciwidey Rancabali, Desa Patengan, Kec. Rancabali Kabupaten Bandung. Buka setiap hari mulai dari jam 08:00 – 20:00.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang dan Fasilitas Lainnya


Di pinggir – pinggir danau juga terdapat saung – saung yang bisa Anda gunakan untuk sekedar mengobrol sambil menikmati secangkir kopi hangat atau bisa juga berbelanja oleh – oleh buah strawberry.

Lalu bagaimana jika lapar dan ingin makanan berat? Kalau dulu semasa penulis masih sekolah, saya hanya membeli mie instan di saung pinggiran danau. Tapi karena sekarang Anda sudah bisa menyebrang danau, maka Anda bisa makan di Pinisi Resto.
Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Selain itu terdapat juga fasilitas lainnya untuk membuat Anda merasa nyaman seperti; toilet, rumah ibadah, dan toko souvenir.

Tiket masuk wisatawan lokal Rp 18.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp 135.000, belum termasuk biaya parkir kendaraan Rp 3.500 untuk roda dua dan Rp 11.500 untuk roda empat.

Sedikit tips dari saya jika Anda berkunjung ke objek wisata di Bandung yang letaknya di pegunungan, seperti biasa bawalah jaket yang tebal dan sarung tangan jika Anda belum terbiasa dengan udara yang dingin.

Jangan lupa juga untuk membawa obat – obatan pribadi dan smartphone atau kamera untuk mengabadikan momen Anda.

Artikel Terkait