Peresmian Sky Walk Pertama di Indonesia Teras Cihampelas Bandung

Masih ingat ulasan sebelumnya tentang rencana pembangunan Skywalk pertama di Indonesia yang akan ada di Cihampelas? Kali ini penulis kembali mengulasnya karena sudah selesai, walaupun memang mundur dari target penyelesaiannya.

Peresmian Sky Walk Pertama di Indonesia Teras Cihampelas Bandung

Skywalk atau yang kini lebih dikenal sebagai Teras Cihampelas ditargetkan selesai pada Desember 2016 lalu. Namun karena banyaknya kendala, jembatan untuk pejalan kaki ini baru dibuka untuk umum pada 2 Februari 2017 lalu.

Jembatan dengan panjang 450 meter, lebar 4.6 meter, dan tinggi 9 meter dengan menghabiskan biaya Rp 45 miliar. Dituturkan oleh Wali Kota Bandung bahwa mengapa baru dibangun di Cihampelas, karena dananya hanya bisa dibuat disini dulu.

Namun rencananya skywalk ini akan dihubungkan ke Dago dan Pasupati, menurutnya bukan hal yang tidak mungkin dari Dago bisa berjalan kaki ke Cihampelas. Tentunya ini akan menambah daftar tempat wisata di Kota Bandung yang gratisan, sekaligus menyehatkan juga.

Kang Emil, begitulah sapaan akrab dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan kalau beliau memang meng-klaim jembatan ini sebagai yang pertama di Indonesia bahkan di dunia. Kang Emil memberikan penjelasan memang ada yang seperti ini di Amerika Serikat, New York, dan Korea Selatan.

Tapi dengan konsep yang berbeda, selain bisa melihat pohon – pohon di kiri kanan disini juga ada pedagang yang berjualan di kiri kanannya.

Fasilitas Zona Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas Bandung 

Zona Souvenir dan Kuliner 
Pada zona ini Anda bisa membeli berbagai oleh – oleh khas Bandung, ataupun berbelanja berbagai kuliner. Terdapat sekitar 192 pedagang kuliner dan souvenir yang dulunya berjualan di pinggir Jalan Cihampelas.

Ini juga sebagai bukti bahwa Pemerintah Kota Bandung tidak asal menggusur tanpa solusi. Dengan biaya pemindahan yang gratis dan tiap bulan hanya membayar uang listrik dan menyapu saja.

Zona Nyaman
Pada zona ini Anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati rimbunnya pepohonan atau berfoto – foto. Zona ini lebih difokuskan untuk ruang terbuka hijau tanpa ada pedagang.

Lift
Di Teras Cihampelas juga ada lift, ini dimaksudkan untuk para difabel pengguna kursi roda. Jadi para difabel tetap bisa menikmati Teras Cihampelas.

Peresmian Sky Walk Pertama di Indonesia Teras Cihampelas Bandung

Diakui oleh seorang pengguna kursi roda Laeli Yuntari (50) dari hasil wawancara news.detik bahwa dirinya sangat terkejut sekali, karena dengan mudah naik menggunakan lift dan disediakan tangga khusus untuk pengguna kursi roda.

Saat kunjungan penulis ke Teras Cihampelas, tangga khusus pengguna kursi roda ini juga dipakai oleh para pengguna sepeda untuk membawa sepedanya naik keatas.

Fasilitas lainnya ada Mushalla dan juga toilet, ini bertujuan bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah saat azan dan juga tempat sholat bagi para pedagang di sekitar skywalk.

Tips Berkunjung
Sebaiknya jika Anda berkunjung bawalah payung, karena konsepnya outdoor maka Kang Emil tidak membuat penutupnya. Jika ditutup maka tidak akan ada bedanya dengan shopping mall, tapi nanti akan dibuat tempat untuk zona berteduh secukupnya.

Menurut Kang Emil dengan konsep outdoor menjadi daya tarik tambahan karena bisa melihat pohon, burung, dan pada malam hari ada penampakan gak masalah, Ujar Kang Emil sambil tersenyum.

Jam Operasional 
Teras atau Skywalk Cihampelas Agar tidak disalahgunakan oleh oknum – oknum, Kang Emil menetapkan untuk menutup aksesnya sampai pada jam 22.00 WIB.

Sekian ulasannya, jadi bagi Anda yang penasaran mau melihat atau berjalan – jalan di Teras Cihampelas sudah bisa dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan karena sudah disediakan banyak tempat sampah.

Artikel Terkait