Taman Superhero, Tempat Wisata Murah Pecinta Superhero

Masih tentang wisata murah Kota Bandung, setelah sukses dengan beberapa taman dan ruang terbuka publiknya,seperti taman lansia, taman film, taman teras cikapundung dan masih banyak lagi.

Kali ini Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah taman yang cukup unik, yaitu Taman Superhero. Seperti taman tematik lainnya, Taman Superhero pun diharapkan dapat menjadi “wajah baru” bagi kota Bandung dan sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata gratis di Bandung.

Taman Super Hero Bandung

Sekilas Tentang Taman Superhero Bandung

Disesuaikan dengan namanya, Taman superhero ini dipenuhi dengan ornamen - ornamen superhero terkenal seperti, Batman, Spiderman dan tidak ketinggalan tokoh superhero Indonesia Gatot Kaca.

Disebutkan bahwa patung Gatot Kaca dan ornamen superhero lainnya yang berdiri kokoh di taman Superhero ini dibuat oleh seorang pengrajin terkenal di Bandung.

Meski dibuat oleh pengrajin lokal, nyatanya ornamen – ornamen tokoh superhero ini dibuat cukup mirip dengan tokoh superhero buatan luar yang asli.

Yang lebih menarik lagi adalah patung Gatot Kaca yang ada di taman ini merupakan sumbangan dari seorang seniman setempat. Patung ini terbuat dari susunan logam tidak terpakai, dan beratnya mencapai ratusan kilogram.

Meski banyak yang menyebut tokoh superhero yang ada di taman ini sebagai patung, namun pemerintah kota Bandung sendiri menyebut, bahwa tokoh superhero yang ada di taman tersebut lebih pantas disebut sebagai ornamen karena dibuat dari bahan lampion.

Sehingga ornamen menjadi bolong saat terkena air. Namun menurut kepala dinas pertamanan dan pemakaman kota Bandung, saat ini ornamen tokoh superhero di taman tersebut bahannya sudah diganti menjadi resin agar ornamen menjadi lebih awet.

Awal Mula Taman Superhero

Sebagai salah satu perwujudan dari program revitalisasi taman, taman superhero dahulu tentu tak seperti saat ini.

Sebelum menjadi Taman Superhero, taman ini bernama Taman Anggrek yang tidak terurus dan tidak tertata rapi seperti sekarang. Taman ini terlihat gelap, becek dan angker.

Namun sejak Februari 2015 taman ini sedikit demi sedikit berubah menjadi Taman Superhero, yang ditujukan sebagai sarana liburan anak – anak dan keluarga. Tapi, jangan khawatir meski bukan anak – anak, kamu tetap boleh berkunjung kok.
Taman Super Hero Bandung

Fasilitas Taman Superhero

Sama seperti taman tematik lainnya, taman superhero dilengkapi fasilitas publik seperti, bangku taman, wi-fi gratis dan tempat bermain anak seperti perosotan, jungkat – jungkit dan tempat memanjat.

Yang menjadi sedikit berbeda adalah di taman ini terdapat fasilitas perpustakaan dan toilet portable.
Taman ini juga dikelilingi pohon – pohon besar dan rindang sehingga tetap sejuk dan nyaman meski cuaca sedang terik.

Meski tidak terlalu luas,hanya sekitar 600 meter persegi namun taman ini dapat memaksimalkan fungsinya dengan menyediakan lapangan kecil untuk olahraga voli pantai.

Taman ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, meski hanya sekedar berfoto atau mengasuh anak – anak yang bermain.

Lokasi Taman Superhero Bandung

Taman superhero ini terletak di tengah – tengah Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek.

Tepatnya di jalan Bengawan, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114. Taman ini menjadi salah satu taman favorit warga Bandung. Hal ini dapat dilihat dari pengunjung taman superhero yang tidak pernah sepi dari senin sampai minggu. Sedikit berbeda dari kebanyakan taman lainnya yang ramai di akhir pekan saja.

Pemerintah mengakui bahwa taman superhero ini masih memiliki banyak kekurangan. Salah satu nya untuk masalah perawatan kebersihan taman. Meski begitu pemerintah optimis dapat terus melakukan perbaikan.

Pemerintah juga tidak pernah lupa untuk merangkul warga agar ikut menjaga kebersihan taman ini, agar bisa menjadi tempat wisata yang nyaman di Kota Bandung.

Artikel Terkait