Taman Pustaka Bunga Cilaki Surga Bunga Kota Bandung

Bandung selalu dikenal sebagai kota kembang karena keindahan yang dimilikinya. Gelar ini tentu menjadi semakin nyata setelah hadirnya Taman Pustaka Bunga Cilaki.

Berniat untuk wisata murah bersama keluarga dan bunga – bunga? Yuk disimak informasi lengkap tentang Taman Pustaka Bunga Cilaki, Bandung.

Taman Pustaka Bunga Cilaki Surga Bunga Kota Bandung

Kisah Dibalik Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Siapa yang sangka bahwa taman bunga indah ini dulunya hanyalah taman tidak terawat peninggalan Belanda. Taman ini juga merupakan salah satu taman tematik yang ada di Kota Bandung.

Namun setelah Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil, taman-taman di Kota Bandung mulai direvitalisasi dan ditata kembali, untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat wisata Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengakui bahwa revatilasasi taman – taman ini merupakan bentuk tindak lanjut dari niatannya untuk melakukan langkah bersih, hijau, berbunga (berhiber) di Kota Bandung.

Diberi nama Taman Pustaka Bunga karena disesuaikan dengan fungsinya sebagai perpustakaan bunga, atau lebih tepatnya menjadi ensiklopedi bunga di Kota Bandung. Taman Pustaka Bunga Cilaki, nantinya akan menjadi tempat 100 jenis bunga bernaung.

Jadi nantinya warga Bandung bisa mengenali berbagai macam jenis bunga melalui taman ini. Sampai dengan artikel ini di muat, taman ini sudah memiliki berbagai jenis bunga diantaranya, bunga mawar, bunga puring, bunga baung, bunga kastuba, bunga kertas, bunga lidah mertua dan juga bunga krisan.

Ada juga bunga angrek yang di tanam dengan cara ditempelkan di pohon-pohon besar. Beberapa jenis anggrek yang ada di taman ini adalah, Anggrek Phalaenopsis Gigantea, Anggrek Phalaenopsis Bellina, Anggrek Paphiopedillum Victoria, Anggrek Paphiopedillum Reginae, dan Anggrek Dendrobium Glomeratum. Taman Pustaka Bunga Cilaki diresmikan pada 30 Desember 2013.

Fasilitas Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Sebagai tempat wisata Kota Bandung, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup menunjang, diantaranya adalah,

1. Kolam Ikan
2. Free Wifi
3. Tempat Sampah Organik dan Non Organik
4. Bangku Taman

Sedikit pemberitahuan, jika Anda ingin ketempat ini ada beberapa peraturan yang harus Anda ketahui. Di taman ini tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar dan juga tidak boleh mengkonsumsi makanan di tempat ini.

Jadi Anda hanya bisa duduk santai menikmati suasana taman dan berfoto ria, hal ini bertujuan untuk menghindari para pengunjung membuang sampah sembarangan. Serta menjaga taman dari kerusakan. Taman Pustaka Bunga Cilaki juga dijadikan tempat penyelenggaraan kontes bunga danpertunjukan musik di Kota Bandung.

Selain bisa menikmati berbagai bunga serta suasana rindang taman ini, Anda juga bisa menunggang kuda berkeliling taman ini. Untuk bisa menunggang kuda Anda diharuskan membayar biaya sewa kuda sebesar 20.000 – 30.000.

Tapi jangan khawatir, untuk masuk ke kawan taman bunga ini Anda tidak dipungut biaya kok, namun disediakan kotak bagi yang berniat menyisihkan sedikit uang secara suka rela untuk membantu pemeliharaan taman.

Di taman pustaka bunga Cilaki ini juga tersedia toko yang menjual aneka tanaman serta beberapa perlengkapan berkebun. Jadi jika kamu tertarik dengan bunga yang ada di taman ini, kamu bisa tanyakan stok kepada petugas, mana tau bisa kamu beli dan bawa pulang ke rumah.

Tak hanya bunga, taman ini juga diperindah dengan hadirnya sungai kecil buatan yang diatasnya terdapat jembatan kecil berwarna merah. Cocok sekali sebagai spot foto.

Taman ini juga bisa difungsikan sebagai tempat wisata Kota Bandung edukasi flora. Karena terdapat papan nama bunga baik umum maupun latin nya. Sedikit mirip dengan Kebun Raya Bogor.

Letak Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Taman Bunga Cilaki memiliki letak lokasi yang cukup strategis dan cukup mudah dijangkau oleh masyarakat. Letak taman ini bersebelahan dengan Taman Lansia dan SMAN 20 Bandung juga dekat sekali dengan gedung sate.

Untuk alamat persisnya, Taman pustaka Bunga Cilaki ini berada di Jalan Citarum No.23 A, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115.

Taman pustaka bunga Cilaki yang juga disebut Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspita ini sangat terjaga kebersihannya. Jadi jika hendak berkunjung kemari, mohon partisipasinya untuk ikut menjaga kebersihan taman ya.

Artikel Terkait