Taman Musik Centrum, Tamannya Musisi Keren Bandung

Pada artikel – artikel sebelumnya kita telah sama – sama membahas tentang beberapa Taman Tematik Kota Bandung yang unik, sangat fungsional untuk warga dan menjadi tamabahan refrensi sebagai tujuan wisata Kota Bandung.

Meski ada begitu banyak taman di Bandung namun sepertinya walikota yang akrab disapa Kang Emil, tidak pernah kehabisan ide untuk membuat taman – taman ini menjadi semakin keren. Dengan cara merevitalisasi ataupun membuat baru.

Terinspirasi dari banyaknya musisi terkenal yang berasal dari Bandung, seperti Peterpan, Raisa dan Isyana, Ridwan Kamil pun akhirnya membuat sebuah taman musik yang di beri nama, Taman Musik Centrum.

Taman ini mulanya bernama Taman Centrum yang kemudian lebih dikenal sebagai Taman Musik Centrum. Bukan tanpa tujuan, taman ini di buat agar para pemuda Bandung yang memiliki ketertarikan akan dunia musik dapat memanfaatkan taman ini sebagai sarana pengembangan bakat mereka.

Taman Musik Centrum, Tamannya Musisi Keren Bandung

Mendapat sambutan yang baik dari masyarakat nya membuat Ridwan Kamil sangat bersemangat untuk membuat lebih banyak lagi ruang terbuka publik lainnya. Ridwan Kamil bahkan mengaku bahwa warga Bandung ikut memberikan sumbangan ide mengenai taman tematik lainnya yang akan dibangun, menurut Kang Emil (sapaan akrab untuk Ridwan Kamil), banyak sekali warga yang menyarankan adanya taman film.

Lokasi Taman Musik Centrum

Taman Centrum yang juga dikenal dengan nama Taman PENGKI ( Pengkolan Funky) resmi dibuka pada tanggal 1 Maret 2014. Taman ini memiliki lahan seluas 4.200 meter persegi .

Taman Musik Centrum terletak di Jalan Belitung, Kecamatan Sumur Bandung tepat di samping SMAN 5 Bandung. Pada saat pembukaannya terlihat jelas animo masyarakat yang luar biasa menyambut pembukaan Taman Musik Centrum ini.

Fasilitas Taman Musik Centrum

Taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas seperti, free wifi, bangku warna warni, meja hingga lapangan basket dan lapangan bola pun tersedia. Sangat nyaman untuk nongkrong dan hang out bersama teman – teman jika bosan pergi ke mall.

Sebagai bentuk perwujudan fungsi  taman yang dibuat untuk memfasilitasi pemusik menyalurkan bakat mereka, taman musik centrum ini juga menyediakan amphitheater standar festival. Sedikit informasi, amphitheater adalah sebuah panggung terbuka yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan musik yang tentu saja dilengkapi fasilitas memadai seperti lampu, aliran listrik dan lainnya.

Buat Anda yang ingin mengadakan acara ditempat ini, Anda bisa menikmati semua fasilitas Taman Musik Centrum secara gratis. Tapi tunggu dulu, walaupun gratis Anda tetap harus mematuhi prosedur mengadakan acara ya. Anda harus meminta izin dahulu kepada kepolisian setempat, supaya acara jauh lebih aman dan lancar dan tentunya tidak mengganggu orang lain.

Ikon Taman Musik Centrum

Selain dibuat untuk memfasilitasi para pemusik kota Bandung, taman ini juga ternyata dibuat untuk mengenang korban tragedi AACC yang terjadi pada 9 Februari 2008. Untuk mengenang para korban pemerintah kota Bandung menempatkan 11 patung kecil yang bertuliskan nama korban tragedi AACC serta sebuah monumen gitar raksasa sebagi ikon Taman Musik Centrum.

Untuk Anda yang belum mengetahui, tragedi AACC adalah tragedi yang terjadi di gedung AACC (Asia Africa Cultur Centre) Jalan Braga Bandung yang kala itu menyelenggarakan konser musik genre underground dengan bintang tamu group band “Beside” dan menewaskan 11 orang pengunjung.

Tragedi ini terjadi karena adanya kelalaian pihak penyelenggara. Meski sudah lama berlalu nyatanya kejadian AACC ini masih sangat membekas di ingatan para anggota komunitas musik di Bandung.

Buat Anda yang hobi bermusik, silahkan kunjungi taman ini untuk mendapatkan pengalaman dan sensasi bermusik yang berbeda bersama kawan – kawan komunitas musik Bandung.

Artikel Terkait