Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer

Kota Bandung dikenal memiliki banyak taman. Hampir disetiap sudut kota terdapat taman kecil yang dahulu dibiarkan tidak terawat begitu saja. Namun walikota Bandung, Ridwan Kamil, membuat sedikit gebrakan yang mengubah hampir setiap taman di sudut Kota Bandung menjadi lebih cantik, fungsional dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer


Ridwan Kamil mengubah taman – taman tersebut menjadi taman tematik sekaligus ruang terbuka publik, menjadikan berbagai taman yang dahulu tidak terawat sekarang bisa menjadi tambahan tempat wisata di Bandung.

Salah satu taman tematik yang dibangun adalah taman cempaka yang lebih dikenal sebagai taman foto atau taman fotografi, taman untuk para pecinta fotografi. Tertarik untuk berkunjung? Yuk baca informasi lengkap mengenai taman tematik di Bandung berikut ini, supaya Anda tahu tempat seperti apa sih yang akan Anda kunjungi.

Pembangunan Taman Fotografi 

Taman cempaka merupakan 1 dari 600 taman yang masuk ke dalam program revitalisasi 600 taman dan 30 taman tematik di Bandung. Taman cempaka ini mengusung tema fotografi yang sengaja dibuat oleh pemerintah kota untuk komunitas fotografi dan dibuka untuk umum pada September 2013.

Pemerintah berharap dengan adanya taman foto ini, komunitas fotografi bisa mendapatkan wadah untuk berkarya, misalnya saja sebagai galeri dan tempat belajar fotografi. Taman fotografi dikelola oleh komunitas fotografi kota Bandung.

Fasilitas Taman Fotografi

 Meski hanya sebuah taman yang dibuka gratis untuk umum, bukan berarti taman fotografi ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan menarik berupa sebuah galeri terbuka, spot foto yang menarik, tempat bermain anak, kursi taman yang nyaman serta koneksi internet gratis.

Terdapat pula posko penjaga taman yang bertugas untuk menjaga kebersihan taman. Posko kebersihan ini ada di seluruh taman di Bandung yang sudah direvitalisasi. Melihat fasilitas yang tersedia, tentu bukan hanya pecinta fotografi saja yang bisa berkunjung kemari. Semua orang, baik tua atau muda bisa datang kesini.
Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer

Untuk Anda yang suka selfie tempat ini wajib Anda kunjungi. Karena taman foto ini sangat instagramable loh. Taman fotografi ini memiliki beberapa ikon, diantaranya adalah huruf “C” besar, tembok huruf “bdg”, serta sebuah tempat berbentuk seperti sebuah kamera yang bisa menjadi tempat bermain anak - anak. Ikon huruf “C” di taman dapat dimaknai sebagai “Taman Cempaka” ataupun “Camera”.

Yang menjadi daya tarik utama dari taman ini adalah bingkai – bingkai besi besar yang menampilkan foto dengan berbagai konsep. Bingkai – bingkai inilah yang biasanya dimanfaatkan komunitas untuk pameran fotografi mereka.

Lokasi Taman Fotografi Bandung 

Sesuai dengan namanya, taman fotografi Bandung terletak di jalan Taman Cempaka, berlokasi tidak jauh dari Jalan Riau. Tepatnya di Jalan Anggrek. Berada kurang lebih 2,6 km jauhnya dari Balai Kota Bandung. Kekurangannya adalah lokasi tempat wisata Kota Bandung bertema fotografi ini tidak dilewati oleh kendaraan umum. Sehingga agak sulit untuk diakses jika tidak memiliki kendaraan pribadi, namun masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Bukan tanpa alasan mengapa taman ini berada di tempat yang sedikit tertutup. Taman berbentuk segitiga yang dipenuhi bunga dan pohon rindang ini dipilih, karena dianggap sesuai dengan tema fotografi yang diusungnya. Hal ini bisa dibuktikan dari animo wisatawan maupun masyarakat setempat yang masih berniat untuk berkunjung meskipun tempatnya tidak terakses kendaraan umum.

Pemerintah Kota Bandung berharap dengan adanya taman – taman tematik ini minat warga ataupun wisatawan untuk berkunjung ke Bandung meningkat, sehingga taman – taman ini dapat hidup dan produktif kedepannya.

Selain taman fotografi masih ada juga taman tematik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, wisata murah ke berbagai taman tematik kota Bandung.

Artikel Terkait