Taman Balai Kota, Wisata Labirin Di Tengah Kota Bandung

Masih membahas seputar Kota Bandung dan taman – tamannya yang indah, kali ini penulis akan mengulas tempat wisata Kota Bandung yang cukup unik dan sedang hits di Bandung, yakni wisata labirin di Taman Balai Kota.

Balai Kota Bandung dikenal sebagai surga wisata untuk para turis di Bandung. Akses nya mudah dan dekat dengan berbagai tempat wisata terkenal di Bandung membuat taman ini selalu ramai pengunjung.

Bukan hanya karena letak nya strategis, taman Balai Kota Bandung juga terkenal karena keunikannya. Apa saja sih keistimewaan taman Balai Kota yang jadi wisata hits di kota Bandung ini? Simak ulasan lengkapnya, yuk!

Taman Balai Kota, Wisata Labirin Di Tengah Kota Bandung

Balai Kota Dahulu Kala

Pada Zaman Belanda, Balai Kota merupakan sebuah gudang kopi atau "Koffie Pakhuis" milik seorang tuan tanah bernama Andries de Wilde. Gedung kopi ini didirikan pada tahun 1819 atau sekitar abad ke-18.

Pada tahun 1923, gudang kopi ini diserahkan kepada Pemerintah Belanda. Kemudian pada tahun 1927 gudang kopi ini dirubukan dan dibangun ulang menjadi sebuah balai kota oleh seorang arsitek bernama Eh de Roo.

Pada tahun 1935 bangunan ini diperbaharui dengan gaya yang lebih modern "art deco" dan dengan tambahan bangunan pada bagian belakangnya yang kini berubah wajah menjadi taman Balai Kota oleh arsitek yang masih sama.

Lokasi Strategis Taman Balai Kota 

Taman Balai Kota berada di tengah Kota Bandung, tepatnya diantara Jalan Merdeka dan Jalan Wastukancana, sedangkan tamannya berada di dalam komplek Balai Kota. Taman Balai Kota juga dikelilingi tempat wisata Kota Bandung lainnya yang dikenal ramah di kantong.

Dari tempat ini wisatawan dapat mengakses Taman Vanda di sebelah selatan Jalan Braga, Dago di sebelah utara Jalan Merdeka, dan juga dekat dengan pusat perbelanjaan seperti BIP (Bandung Indah Plaza), Bandung Elektronik Centre, serta Gramedia.
Taman Balai Kota, Wisata Labirin Di Tengah Kota Bandung

Fasilitas Taman Balai Kota

Sebagai tempat nongkrong anak muda, tempat berkumpul dan bercengkerama. Taman balai kota tentu harus dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjungnya, diantaranya adalah tempat duduk, Wifi gratis, kolam ikan, toilet dan musholla.

Taman ini juga sering disebut sebagai taman multifungsi, karena banyak digunakan untuk berbagai kegiatan dari olahraga, belajar, ngerumpi, makan bersama hingga tempat pacaran. Ini wajar saja karena taman ini memiliki beberapa monument yang bagus, lahan yang luas dan sejuk dipenuhi bunga dan pohon.

Sehingga kita pasti betah berlama – lama di taman ini, spot foto yang menarik juga tersedia di taman ini diantaranya berupa patung badak putih, dan patung Dewi Sartika yang merupakan ikon taman Balai Kota.

Selain itu ada juga patung ikan dan patung merpati. Untuk kamu yang datang bersama kekasih jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan kisah cinta kalian di gembok cinta. Tulis nama kalian di sebuah gembok kemudian kunci gembok tersebut di sebuah pagar yang berbentuk prisma segitiga berukuran 2,5 meter persegi.

Selain gembok cinta dan patung yang menjadi ikon, taman tepian anak sungai cikapayang juga menjadi salah satu spot favorit. Disini pengunjung bisa bersantai sambil berfoto ditemani bunga – bunga indah.

Spot Paling Hits Taman Balai Kota, Taman Labirin

Jika berkunjung ke taman balai kota jangan pernah lupa untuk mampir ke salah satu spot paling hits didalamnya yaitu Taman Labirin. Taman Labirin dahulunya merupakan taman merpati yang telah direvitalisasi oleh Kang Emil.

Di dalam taman labirin ini terdapat jalur berliku berlantai granit selebar setengah meter. Jalur ini melingkari dua buah pohon trembesi yang berusia 100 tahun. Labirin ini memiliki empat buah pintu keluar.

Taman labirin ini dibuat agar pengunjung yang datang tidak hanya dapat menikmati keindahan taman namun juga bisa masuk menjelajahi taman dari empat sisi berbeda yang berbentuk seperti labirin. Balai kota Bandung kini sudah bukan lagi tempat “ekslusif” pejabat daerah namun bisa menjadi salah satu tujuan tempat wisata Kota Bandung untuk warga setempat dan juga turis dari luar kota dengan fasilitas yang menunjang.

Alamat, Jam Operasional, Harga Tiket Masuk Taman Balai Kota Bandung

Taman ini terletak di Jalan Merdeka No.30, Sumur Bandung, Babakan Ciamis, Kota Bandung. Jam operasional mulai dari jam 09.00 – 18.00. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sendiri gratis, jadi bisa menikmati wisata gratis bukan?

Artikel Terkait