5 Alasan Mengapa Pendopo Kota Bandung Wajib Kamu Kunjungi

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Berdasarkan jumlah penduduk, Kota Bandung merupakan kota nomor tiga terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Kota yang mendapat julukan sebagai kota kembang ini menyimpan banyak sejarah penting.

5 Alasan Mengapa Pendopo Kota Bandung Wajib Kamu Kunjungi

Dan sejak dibukanya jalan tol Cipularang, kota yang terkenal sebagai Paris Van Java ini menjadi tujuan untuk berlibur di akhir pekan. Selain bangunan lama berasitektur Belanda, monumen kebudayaan atau pusat perbelanjaan, baru-baru ini Bandung membuka tempat wisata baru yaitu Pendopo Kota Bandung.

Sudah 4 hari sejak Minggu (25/12/16) Pendopo Kota Bandung resmi dibuka. Pendopo yang merupakan rumah dinas dari  Kang Emil dibuka tidak hanya untuk warga kota Bandung saja, melainkan seluruh wisatawan atau masyarakat umum dapat mengunjungi tempat wisata baru ini.

Alasan pembukaan pendopo Kota Bandung itu sendiri menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil adalah agar masyarakat dapat menambah wawasan mengenai  sejarah Pendopo Kota Bandung. “Mudah-mudahan ini menambahi pengetahuan sejarah bagi orang Bandung dan wisatawan seperti hal kita ke Yogyakarta ingin ke keraton,” katanya.

Terobosan tempat wisata baru di Kota Bandung ini sudah mendatangkan banyak pengunjung yang penasaran dengan kediaman dari orang nomor satu di Kota Bandung itu. Pasalnya banyak dari mereka berdatangan setelah membaca postingan Emil di akun instagramnya @ridwankamil yang mengajak para wisatawan untuk mengunjungi rumah dinasnya.

Pendopo Kota Bandung di penghujung tahun ini dibuka setiap hari sampai tanggal 1 Januari 2016. Kemudian setelah itu, wisata yang baru-baru ini menjadi trending topic akan dibuka hanya di hari Sabtu dan Minggu pada jam yang sama .

Letaknya yang dekat dengan Alun - Alun Bandung yaitu di Jalan Dalem Kaum atau lebih tepatnya di sebelah timur Alun - Alun Bandung menambah daya tarik tersendiri untuk para wisatawan sekedar singgah ke Pendopo Kota Bandung. Mengingat peresmian pembukaan dilakukan bertepatan dengan libur sekolah dan libur Natal menjadikan wisatawan berbondong - bondong mengunjungi wisata pendopo ini.

Selain daripada itu, ada 5 alasan mengapa Pendopo Kota Bandung wajib Anda kunjungi

1. Mengenal Sejarah Pendopo Kota Bandung

Pendopo Kota Bandung atau Pendopo Dalem Kaum didirikan pada tahun 1812 dan sudah dijadikan sebagai rumah dinas Kota madya sejak tahun 1993. Wisata pendopo yang sudah berusia lebih dari 1 abad ini merupakan bangunan pertama sebagai pusat pemerintahan kabupaten Bandung. Meski demikian, Pendopo Kota Bandung pernah mendapat penghragaan dari organisasi Bandung Heritage sebagai bangunan bersejarah yan terawat keasriannya.

Wisata pendopo ini sudah mengalami berkali-kali renovasi, akan tetapi tetap tidak mengurangi segi tradisional yang ada, bahkan bangunan ini di desain agar ramah lingkungan. Dulunya pendopo ini adalah pusat kebudayaan dan pemerintahan, oleh karena itu Emil sengaja membuka kembali pendopo ini sebagai ruang publik. Apalagi Pendopo Kota Bandung ini adalah milik Masyarakat Bandung, sehingga mereka juga dapat menggunakan pendopo ini untuk mengadakan acara.

Untuk mengetahui lebih jauh sejarah mengenai Pendopo Dalem Kaum ini, Anda akan dipertemukan dengan tour guide yang akan menjelaskannya secara rinci. Tour guide ini sudah dipersiapkan oleh pemerintah, bahkan mereka tidak hanya akan menjelaskan tentang Pendopo Kota Bandung saja melainkan sejarah dari Kota Bandung itu sendiri.

2. Bertemu Langsung dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Kang Emil

Kalian tidak hanya dapat menikmati Pendopo Kota Bandung saja, akan tetapi jika kalian beruntung kalian akan bertemu dengan orang nomor 1 se-Bandung yang biasa kalian lihat di televisi. Bahkan bisa berfoto - foto juga.

3. Mengetahui Kediaman Emil

Siapa sih yang tidak ingin melihat secara langsung kediaman dari walikota kita. Banyak orang yang tentunya penasaran seperti apa sih wujud rumah dinas Walikota Bandung, khususnya masyarakat Bandung.

Nah, di Pendopo Kota Bandung kalian bisa melihat gong perdamaian raksasa dan arsitektur kursi karena pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke rumah dinas tersebut lebih dalam lagi, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dari segala yang bersangkut paut langsung dengan pemerintahan.
5 Alasan Mengapa Pendopo Kota Bandung Wajib Kamu Kunjungi

4. Menyegarkan Otak

Bagi kalian yang penat akan pekerjaan atau sekedar ingin memiliki quality time bersama keluarga, Pendopo Kota Bandung merupakan pilihan yang tepat.

Pasalnya di pendopo ini kalian tidak hanya menikmati bangunan bersejarah itu saja, namun keindahan taman yang luas, arsitektur pendopo hingga arsitektur limas yang tidak berdinding.

Pepohonan yang rindang serta kicauan burung-burung dapat dijadikan sebagai bahan relaksasi bagi wisatawan. Disertai dengan kolam yang dapat dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak.

Ditambah lagi dengan area yang bersih sehingga wisatawan akan nyaman berada di sana.
Uniknya, di sekitar pendopo ini ditanami pohon sejumlah 1.070 pohon dengan 107 jenis pohon. Selain itu pendopo kota Bandung juga dibangun tujuh sumur resapan, satu sumur utama, dan bipori yang bertujuan sebagai cadangan air saat musim hujan. Oleh karenanya, jangan ditanya taman di pendopo ini terlihat sangat asri dan teduh.

5. Gratis

Untuk menikmati wisata pendopo ini wisatawan tidak dikenakan biaya sepeserpun. Pasalnya hanya dengan menitipkan ktp di satpam wisatawan sudah dapat berkeliling area Pendopo Kota Bandung.

Namun untuk menikmati pemandangan di wisata pendopo ini, wisatawan dikenakan syarat khusus, yaitu mengenakan pakaian sopan, tidak memarkirkan kendaraan di pendopo serta dilarang membawa makanan dan minuman. Hal ini bertujuan untuk kelestarian serta kebersihan dari wisata pendopo Bandung ini.

Dari segi keamanan, tidak ada pengamanan yang begitu ketat. Pengamanan masih sebatas pengamanan kantor pemerintahan. Banyak yang bertanya apakah tidak ada metal detector, mengingat Indonesia sedang marak adanya teroris. Namun bagi Emil sendiri, dia mempercayakan saja hal tersebut kepada kepolisian. Apalagi langkah pertama sudah dilakukan di awal yaitu dengan pengunjung menyerahkan kartu identitas mereka pada petugas.

Beralih keluar Pendopo Kota Bandung, wisatawan akan disuguhkan alun-alun dan pasar tradisional yang sekarang sudah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan dan pusat pemukiman penduduk yang semakin hari semakin ramai.

Pendopo yang merupakan peninggalan Jaman Belanda merupakan salah satu cagar budaya yang harus kita lestarikan keberadaannya. Oleh karena itu, Pendopo Kota Bandung wajib masuk ke dalam daftar destinasi salah satu tempat wisata Kota Bandung. Kalian bisa mengajak saudara, keluarga, sahabat, bahkan pacar ke tempat ini. Asalkan tetap mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Ridwan Kamil.

Jadi tidak ada salahnya jika di penghujung tahun ini kalian meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Pendopo Kota Bandung. Bukan hanya sebagai rekreasi, kalian juga dapat mengajak anak-anak untuk mengenal lebih jauh mengenai sejarah salah satu kota terbesar di pulai Jawa bagian selatan ini. Selain merupakan wisata murah, wisata pendopo ini akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya.

Selamat berlibur dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di area sekitar Anda.

Artikel Terkait