Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan

Selain mendapatkan gelar kota kembang, Bandung juga memiliki gelar lainnya yaitu ‘kota taman’. Hal ini selaras dengan program Kang Emil yang melakukan revitalisasi sekitar 600 taman yang ada di Kota Bandung.

Salah satu taman yang masuk dalam program tersebut adalah Taman Teras Cikapundung. Taman Teras Cikapundung diresmikan oleh Walikota Bandung, Kang Emil pada 30 Januari 2016. Sejak di lakukan revitalisasi, taman ini menjadi populer dan dijadikan sebagai tambahan salah satu tempat wisata di Bandung. Hal ini terjadi karena taman ini menjadi semakin rapi dan indah, konsep taman ini dibuat dengan tujuan agar Warga Bandung ikut menjaga kebersihan sungai dan lingkungannya.

Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan

Jika sebelumnya Taman Teras Cikapundung hanya berupa sungai yang sebagian besar menjadi tempat pemukiman warga, Sekarang di Teras Cikapundung sudah dibangun Amphitheatre, yaitu sebuah panggung pertunjukan seni dengan kapasitas penonton 500 orang, lalu ada juga air mancur musik yang menjadikan tempat ini semakin menarik.

Sejarah Taman Teras Cikapundung 

Sebelum menjadi seperti sekarang, Teras Cikapundung merupakan tempat yang kurang terawat dan dipenuhi dengan bangunan liar di pinggiran sungai. Dahulu tempat ini juga merupakan tempat pembuangan sampah sementara.

Melihat hal ini para pemerhati lingkungan, tempat ini di bersihkan dan diusulkan menjadi tempat wisata di Bandung. Lalu pada tahun 2013, pemerintah Kota Bandung merespon permintaan tersebut dengan mulai dibenahinya Area Teras Cikapundung. Diawal pembenahan lokasi ini, banyak kendala didapatkan terutama maslaah relokasi dan pembebasan lahan.

Hingga pada akhirnya Walikota Bandung bisa menyelesaikan hal itu dengan baik, dan pada tahun 2016 Taman Teras Cikapundung selesai di revitalisasi dan menjadi tempat wisata yang indah dan menyenangkan.

Fasilitas Taman Teras Cikapundung 

Taman Teras Cikapundung juga memiliki fasiitas yang cukup lengkap, seperti tempat ibadah, toilet umum dan lahan parkir kendaraan. Ketika Anda pertama kali berkunjung ketempat ini, Anda akan di suguhkan dengan pemandangan tiga kolam air mancur dan juga air mancur musik.

Air mancur musik biasa dinyalakan sehari dua kali yaitu pada jam 4 sore dan 8 malam, masing-masing selama 20 menit. Di sekitar kolam air mancur terdapat sebuah tembok mural dan patung yang membuat Taman Teras Cikapundung semakin terlihat hidup.

Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan


Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Teras Cikapungung 

Di Taman Teras Cikapundung, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti, berfoto dengan latar belakang yang indah, Kemudian Anda bisa rafting di aliran sungai Cikapundung. Namun ada syaratnya jika Anda ingin rafting yaitu Anda harus sambil memungut sampah.

Hal ini bertujuan mengajarkan masyarakat cinta akan kebersihan sungai dan lingkungan. Di tempat ini juga Anda bisa bermain di kolam tujuh kura-kura. Kolam ini merupakan sebuah penangkaran untuk ikan asli sungai Cikapundung seperti, Ikan Kekel, Ikan Badar dan ikan Beunteur.

Hal ini dilakukan supaya ikan asli penghuni sungai tersebut bisa berkembang biak, jadi ekosistem sungat dapat terjaga dan lestari. Oh iya yang perlu Anda ketahui, tempat wisata ini 100% tidak memungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi tolong jaga tempat kebersihan tempat wisata ini ya dan jangan buang sampah disembarang tempat.

Lokasi Taman Teras Cikapundung 

Untuk Anda yang berada dari luar kota ingin berkunjung ke tempat ini aksesnya sangat mudah. Taman Teras Cikapundung berada di Kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi, di Jalan Siliwangi Bandung.

Jika Anda berada di sekitar jalan Ir. H Juanda, saat di persimpangan lima Anda belok kekiri menuju Jalan Sumur Bandung, setelah menemukan pertigaan berbeloklah kekanan ke Jalan Taman Sari setelah itu berbelok lagi kekiri ke arah Jalan Siliwangi.

Artikel Terkait