Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)

Taman yang dulunya terbengkalai tidak terawat ini direvitalisasi kembali oleh Kang Emil, begitulah panggilan akrab yang kerap dipakai oleh Warga Bandung. Berbeda dengan taman – taman di Bandung yang sebelumnya sudah penulis ulas. Akhir – akhir ini beberapa atau kebanyakan wisatawan mulai melirik taman untuk dijadikan tujuan tempat wisata di Bandung.

Taman Aktif atau Active Park direvitalisasi bukan hanya untuk sekedar nongkrong – nongkrong saja, tapi disini anda bisa berolahraga secara gratis. Dikutip dari wawancara Wali Kota Bandung karena hasil penelitian para dokter menyatakan bahwa jaman sekarang penyakit jantung banyak menyerang anak muda. Memang tidak aneh karena gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari kebanyakan duduk, bermain gadget sepanjang hari, atau pola makan sehari – hari.

Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)


Gagasan dari taman aktif ini sebenarnya sudah ada sejak 2013 oleh salah satu perusahaan minuman Coca – Cola dan akhirnya terwujud dengan berkolaborasi dengan pemerintah, swasta, para dokter, dan perusahaan NIKE.

Taman aktif memiliki sebuah lintasan lari seluas kurang lebih 1.5 meter, dengan berlandasan tanah liat. Sehingga tidak heran jika musim hujan akan sedikit basah dan terdapat beberapa titik – titik genangan air. Umumnya lintasan lari ini hanya digunakan pada pagi hari dan sore hari, namun lebih ramai pada pagi hari.

Ada juga lapangan futsal yang dibagi – bagi atau diberi penyekat, jumlah lapangan futsal yang terdapat sebanyak 6 buah lapangan. Lapangan futsal ini juga sempat dipakai oleh pemain Persib. Disekitar lapangan futsal dikelilingi oleh jaring, sehingga bola tidak akan keluar dari lapangan. Lapangan futsal di manfaatkan juga untuk kegiatan berolahraga oleh siswa – siswi dari sekolah di sekitar lapangan.

Lapangan futsal tidak pernah sepi, karena umumnya selalu dipakai mulai dari pagi hari sampai sore hari. Tidak jarang juga lapangan ini sering dipakai oleh berbagai sekolah untuk mengadakan Pekan Olah Raga (POR) antar sekolah ataupun antar kelas. Sehingga jika anda ingin bermain futsal disini anda bisa memesan tempat dari hari sebelumnya agar bisa memakai fasilitas, jangan lupa untuk memakai sepatu karena diwajibkan. Fasilitas lapangan futsal ini juga tidak dikenakan biaya tiket atau gratis.

Sebelum tahun 2015 di taman ini hanya ada beberapa buah ring gymnastic di sebelah lapangan futsal, namun sejak disponsori oleh Coca – Cola dan NIKE taman ini memiliki outdoor gym untuk menunjang kegiatan kalistenik, diantaranya ada lower body workout, upper workout ,cardio, dan core muscle exercise.
Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)

Seperti taman – taman lainnya di sekitar Bandung, di sekeliling taman juga ditamani dengan pohon – pohon yang rimbun, salah satunya terdapat pohon mangga. Sehingga jika berolahraga pada siang hari tidak akan terkena langsung panasnya terik matahari, menjadikan udara disekitar juge menjadi cukup sejuk.

Fasilitas penunjang lainnya yang dimiliki oleh taman aktif adalah toilet dan juga lahan parkir. Sayangnya karena keterbatasan lahan, sehingga hanya disediakan lapangan parkir untuk kendaraan roda dua saja dengan biaya Rp. 2.000. Sehingga jika anda membawa kendaraan roda empat dapat memarkir kendaraan disekitar komplek perumahan yang berada tidak jauh dari lokasi taman.

Di pinggiran taman ada beberapa penjual makanan dan minuman, jadi selesai berolahraga anda bisa menikmati makanan ataupun minuman sambil mengobrol santai. Ini salah satu tujuan Kang Emil dalam membangun tempat wisata publik, yang kebanyakan bertema ruang publik terbuka berupa taman – taman.

Fasilitas kebugaran gratis ini juga sudah di manfaatkan oleh salah satu komunitas kebugaran bernama Barstard. Komunitas ini mengadopsi metode kalistenik. Metode yang merupakan latihan beban dengan menggunakan bobot badan sendiri. Sehingga tidak heran jika mulai dari jam 18:00 sampai 21.00 area ini akan dipadati oleh anggota Komunitas Barstard.

Pada malam hari taman ini juga dilengkapi dengan lampu – lampu penerangan yang memadai. Sehingga tidak menghambat berbagai aktifitas kebugaran di dalam taman. Lokasi alamat Taman Aktif berada di Jalan Lapangan Supratman No.1, Cihapit, Bandung Wetan.

Artikel Terkait