Misteri Pohon Hantu Boneka di Jalan Babakan Siliwangi Bandung

Berwisata alam ke Bandung? Pastinya jika kita berjalan – jalan ke kota kembang ini banyak tempat wisatanya. Sebenarnya bukan hanya itu saja melainkan dengan berbagai cerita mistis atau kisah – kisah tidak masuk akal yang dialami oleh beberapa wisatawan secara tidak sengaja ataupun yang memang mempunyai keahlian lebih di bidang supranatural.

Salah satu yang akhir – akhir ramai dibicarakan orang adalah Cerita Misteri Pohon Boneka Berhantu di Jalan Babakan Siliwangi, Bandung. Sebenarnya cerita mistis ini sudah seringkali penulis dengar sewaktu jaman masih di bangku sekolah, karena memang cerita ini awalnya menjadi topik pembicaraan warga daerah Siliwangi dari mulut ke mulut sampai akhirnya ke seluruh Bandung bahkan sampai keluar Pulau Jawa.


Seringkali juga lewat di Jalan Siliwangi karena memang penulis sejak lahir tinggal di kota kembang.
Cerita ini dimulai pada sekitar tahun 1980 -1981, karena ada yang menceritakan kejadian tersebut adalah tahun 1980 dan ada juga yang bilang bahwa itu tahun 1980. Intinya kita anggap saja sekitar tahun segitu, karena jika dicari lagi sumbernya mungkin sudah banyak yang meninggal ataupun lupa – lupa ingat.

Siliwangi Bandung

Dimulai dengan keluarga bahagia yang sedang mencari tempat makan atau restoran pada malam hari di Jalan Babakan Siliwangi, Bandung. Setelah sang ayah memarkirkan mobilnya, satu keluarga tersebut akan menyebrang ke rumah makan yang berada tepat di tikungan.

Namun nasib naas menimpa karena sang buah hati yang konon katanya bernama “Uci” tertabrak mobil yang melaju kencang dari arah Cihampelas. Akhirnya tabrakanpun tidak dapat terhindakarkan lagi. Konon pengendara yang menabrak ini juga langsung kabur.Saat itu usia Uci baru menginjak 2 tahun.

Ketika menyebrang Uci sedang menggendong boneka panda kecil kesayangannya, yang selalu ia bawa kemanapun ia pergi. Kondisi semua keluarga korban tabrak lari itupun parah, tapi tidak separah yang dialami oleh gadis belia tersebut. Mereka sekeluarga dibawah ke Rumah Sakit St Carolus Bandung.

Akhirnya semua anggota keluarga tersebut bisa selamat sampai ke rumah sakit. Namun kondisi sang buah hati semakin lama semakin menurun. Dikabarkan bahwa Uci mengalami koma selama seminggu. Saat bocah tersebut koma, ia selalu menyebut – nyebut atau mengigau boneka tersebut. Keluarga dan kerabat juga akhirnya membantu mencari boneka tersebut.Mungkin dengan cara itu ia bisa sadar dari keadaan kritisnya.

Tapi sudah beberapa orang mencoba, mencari – cari di berbagai tempat di sekitar tikungan Jalan Babakan Siliwangi yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP). Mereka tetap tidak menemukan. Satu hari kemudian, gadis belia tersebut menghembuskan nafas terakhirnya.

Setelah kejadian tersebut, mulailah banyak warga sekitar atau pengemudi yang melintas mengalami kejadian – kejadian diluar logika atau biasa disebut melihat penampakan. Dimulai dari ada yang melihat bocah wanita kecil menggendong boneka panda dengan wajah yang hancur, atau boneka panda kecil menggantung diatas sebuah pohon dan masih banyak lainnya.

Rumah makan yang berada di dekat tikungan Babakan Siliwangi itupun mendadak menjadi sepi, karena berbagai cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon menurut cerita seorang pelayan rumah makan bernama Wahyu, bahwa rumah makan tersebut adalah tempat yang pertama kali diganggu oleh arwah penasaran Uci.
Wahyu bercerita bahwa pada malam hari tersebut, ia akan menutup rumah makan tersebut.

Ketika Wahyu akan menutup pintu gerbang parkir ia melihat ada boneka panda berwarna cokelat. Ia berfikiran bahwa itu adalah boneka yang tertinggal milik tamu. Setelah membawa kedalam ia kaget karena boneka tersebut berjalan sendiri keluar.

Beberapa hari kemudian hal aneh tersebut kembali terjadi, tetapi kali ini dialami oleh Rochim seorang petugas juru parkir di rumah makan tersebut. Ia juga berfikiran sama dengan Wahyu tetapi tidak disangka bahwa boneka tersebut kembali berjalan keluar. Kali ini boneka panda warna cokelat itu menghampiri seorang gadis kecil dan gadis kecil tersebut langsung memeluknya.

Rochim juga menceritakan tangisan gadis kecil itu sangat membuatnya ingin menangis, karena terdengar seperti seseorang yang merasakan kesedihan mendalam. Tidak lama gadis kecil itupun hilang dengan sendirinya.

Setelah kejadian itu beberapa pengujung warung makan yang membawa anak kecil kadang sang anak suka bercerita melihat sosok tersebut duduk di kursi meja makan dengan membawa boneka panda berwarna cokelat. Terkadang juga ada yang bercerita bahwa melihat gadis kecil tersebut dibawah pohon, dan dengan polosnya bercerita pada orangtua mereka bahwa ada seorang gadis kecil yang tersesat duduk di bawah pohon dengan menggendong boneka panda cokelat.

Mulai dari saat itu tikungan ini sering memakan korban dan semakin banyak orang yang bercerita tentang Misteri Pohon Boneka Berhantu di Jalan Babakan Siliwangi, Bandung sehingga cerita ini bisa dianggap menjadi legenda karena tidak termakan oleh waktu. Banyak orang yang berpendapat bahwa itu akibat dari sosok gadis kecil tersebut.

Untuk percaya atau tidak kembali penulis tekankan kembali kepada anda masing – masing. Saran penulis karena memang tikungan di Jalan Babakan Siliwangi cukup curam dan juga kondisi jalan yang kurang bagus. Maka ketika anda melewatinya tingkatkan kewaspadaan anda, dan jangan lupa untuk membaca doa sesuai kepercayaan masing – masing untuk meminta perlindunganNya.

Sebenarnya dimana saja kita melakukan perjalanan tentunya harus hati – hati. Namun jika mulai menemui banyak tikungan turunkan kecepatan dan tingkatkan kewaspadaan.

Artikel Terkait